Skip to main content

Berbusana Muslim yang Benar

Dulu, mungkin banyak yang beranggapan jika busana muslim itu terkesan membosankan, sehingga sudah bukan hal yang aneh jika dulu ada wanita yang enggan untuk menggunakan busana muslim karena masalah hati yang belum siap, juga ada factor lain yaitu gaya nya yang itu – itu saja.

Namun, saat ini sudah ada banyak sekali desainer – desainer wanita atau pria yang mendesain pakaian muslimah yang modis, stylish dan inovatif, sehingga bukan lagi sebuah alasan jika anda tidak mau menggunakan busana muslim karena gaya nya yang monoton. Seperti contoh karya designer Ivan Gunawan

Berbusana Muslim yang Benar
Selain itu saat ini, sudah ada banyak sekali para wanita muslimah yang sadar akan pentingnya menggunakan busana muslim seperti jilbab dan pakaian yang menutupi aurat. 

Mereka sadar jika menggunakan busana muslim merupakan kebutuhan, apalagi saat ini dengan zaman yang perkembangannya pesat, ada banyak sekali laki – laki yang berpikiran macam – macam atau memiliki niat jahat kepada wanita, sehingga dengan menggunakan busana muslim, tentu saja resiko kejahatan yang diarahkan kepada anda bisa berkurang.

Bagi anda yang sudah siap dan ingin menggunakan busana muslim, bukan karena style nya namun karena menggunakan busana muslim dan hijab merupakan suatu kewajiban dan keharusan, maka ada beberapa tips yang harus anda ketahui dalam memilih busana muslim ini yaitu:


1. Jangan Pilih Busana yang Terlalu Ketat

Pakaian busana muslim tentu saja dibuat dan memiliki satu tujuan, yaitu melindungi tubuh dan menutup aurat. Karena itulah, dalam memilih busana muslim, jangan membeli pakaian yang sekiranya memperlihatkan lekukan tubuh, karena tentu saja itu percuma karena masih memperlihatkan aurat dan tidak sesuai dengan ajaraan islam. 

Anda juga sudah pasti kan merasa sesak dan sulit bergerak jika menggunakan pakaian yang ketat.


2. Jangan Pilih Pakaian yang Tembus Pandang

Jika anda lihat di berbagai toko, mungkin anda sering melihat ada banyak sekali busana muslim yang menggunakan bahan – bahan yang tipis dan mudah diterawang. Menggunakan pakaian yang tembus pandang sudah jelas tidak diperbolehkan di dalam agama, bahkan meskipun hanya sebatas lengan saja. Namun, jika anda sudah terlanjur beli dan memang suka dengan modelnya, maka pastikan untuk menggunakan manset kaos yang tidak terlalu ketat didalamnya.

3. Pilih Model dan Motif yang Simple

Pastikan untuk memilih busana muslim yang memiliki motif yang simple karena busana dengan motif dan model yang simple memang lebih elegan dan bisa digunakan untuk segala acara. Apalagi jika anda seseorang yang gemuk. Pilih busana yang motif nya simple atau polos saja.

4. Jangan Pilih Warna yang Mencolok

Sudah anda ketahui, tujuan utama menggunakan busana muslim adalah untuk menutupi aurat, sehingga jangan menggunakan busana muslim yang warna nya mencolok dan terang, seperti warna kuning neon, hijau stabile, merah darah dan lain sebagainya.

Pilih busana muslim dengan warna yang kalem, seperti krem, merah muda, kuning muda, lavender dan lain sebagainya. Warna netral seperti hitam dan putih juga bisa anda gunakan, apalagi warna netral ini sangat mudah dipadukan dengan busana lainnya karena sifatnya yang tidak terpengaruh oleh tren.

5. Gunakan Bahan Yang Nyaman

Sebagus apapun baju yang anda gunakan, jika ketika digunakan tidak nyaman, maka sudah hal itu tentu saja percuma, pilih bahan yang memang membuat anda nyaman dan enak dipakai. Jangan pilih bahan yang panas dan membuat anda mudah berkeringat.

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba dalam memilih busana muslim. Setelah anda menggunakan busana muslim, maka tentu saja anda harus menggunakan hijab, dulu, jenis kerudung bisa dibilang hanya itu – itu saja, sehingga jika dipadukan dengan busana muslim maka bisa saja tidak cocok.

Namun saat ini, terdapat banyak sekali jenis kerudung dan hijab yang bisa anda gunakan. Model nya pun bermacam – macam, bahkan anda bisa membuat model sendiri dan memadukannya agar cocok dengan busana muslim yang anda gunakan. Yang jelas pastikan pakaian anda sesuai dengan syariat dan yang dianjurkan Islam.
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->