Skip to main content

Tips Memilih Warna Jilbab

Tidak lengkap rasanya jika menggunakan busana muslim namun tidak menggunakan hijab begitu juga sebaliknya. Menggunakan hijab merupakan suatu kewajiban seorang muslimah, bukan hanya memenuhi syariat Islam, menggunakan hijab juga merupakan hal yang penting karena mampu menjaga dan melindungi wanita itu sendiri, baik itu dari cuaca, atau bahkan dari seseorang.

Saat ini, terdapat banyak sekali jenis hijab dan jilbab yang bisa anda pilih sesuai selera, baik itu jilbab segi empat, pashmina, bergo dan lain sebagainya. Masing – masing jenis jilbab ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, tetapi yang jelas, anda menggunakan hijab dan jilbab ini harus menutup aurat dan sesuai dengan syariat Islam.
Tips Memilih Warna Jilbab
Foto koleksi pexels


Memilih dan menggunakan hijab pun ada cara – cara nya, sehingga ketika digunakan, anda akan tetap merasa nyaman. Berikut beberapa tips dalam memilih Hijab.

1. Pilih Bahan Hijab yang Nyaman Digunakan

Saat ini, terdapat banyak sekali pilihan hijab yang bisa anda pilih bahkan anda juga bisa membuat hijab sendiri. Dalam pemilihan hijab, pastikan anda memilih hijab yang nyaman ketika anda gunakan. Bahan jenis katun dan kaos sangat disarankan untuk dipilih karena kedua bahan ini memiliki sifat menyerap keringat, bahan ini juga memiliki serat yang renggang sehingga anda tidak akan mudah gerah dalam menggunakannya dan sangat cocok bagi anda yang bnyak bergerak.

2. Pilih Tekstur Kain yang Mudah Diatur

Saat ini, ada banyak sekali model hijab yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda, sehingga pastikan anda memilih kain yang mudah diatur dan ringan seperti material Poly Crape yang memiliki sifat ringan namun jatuh. Selain itu, sama seperti diatas, bahan Poly Crape juga nyaman untuk digunakan karena menyerap keringat sehingga tidak mudah gerah.

3. Pilih Warna yang Lembut dan Terang

Dalam menggunakan hijab, anda bisa memilih warna sesuai dengan keinginan anda, namun sangat disarankan untuk menggunakan hijab yang berwarna kalem, lembut dan terang, karena jika anda menggunakan warna yang gelap, hijab akan menyerap panas lebih cepat sehingga anda sangat mudah berkeringat. Menggunakan hijab dengan warna kalem seperti pastel, krem dan lain sebagainya juga memberikan kesan feminine pada penggunanya.

memilih warna jilbab lainnya adalah menggunakan warna solid atau polos. Artinya, jilbab yang tidak bermotif entah itu gambar bunga maupun siluet di beberapa sisi akan mudah dipadukan dengan busana bahkan jilbab tersebut tidak akan mudah ketinggalan mode. Sehingga selain dapat berhemat, jilbab dengan warna ini juga mudah dihiasi dengan beberapa aksesoris tambahan.

4. Sesuaikan Hijab Dengan Aktivitas

Sama seperti baju, pastikan anda menyesuaikan penggunaan hijab dengan aktivitas yang anda lakukan. Jika anda sedang mendatangi acara formal, maka anda bisa menggunakan hijab dengan model yang stylish dan modis, namun jika anda melakukan aktivitas yang banyak gerak, maka pastikan anda memoilih model hijab yang simple dan memudahkan anda dalam bergerak.

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba dalam pemilihan hijab. Menggunakan hijab memang memberikan banyak benefit, selain untuk tampil modis, menggunakan hijab juga menjaga aurat dari seorang wanita agar terhindar dari hal – hal yang negative. Namun, dalam pemilihan hijab, anda juga harus menyesuaikan hijab dengan pakaian yang anda gunakan, karena percuma saja anda menggunakan hijab dan jilbab yang tertutup, namun aurat tubuh anda masih terlihat, seperti menggunakan pakaian yang ketat, transparan dan tidak nyaman.

Dalam memilih busana muslim untuk hijab, anda bisa mengkreasikannya sesuai dengan selera yang anda suka, yang penting busana muslim itu longgar dan menutupi aurat anda, seperti model tunik, gamis blouse dan lain sebagainya. Namun pastikan jika pakaian dan hijab yang anda gunakan sesuai dan cocok warna nya. Anda bisa menggunakan warna – warna yang cerah seperti kuning, merah dan sebagainya, namun dalam memadukannya, disarankan untuk memadukannya dengan warna yang bersebelahan, seperti warna hijau dengan hijau kekuning – kuningan atau warna biru dengan warna biru dongker dan lain sebagainya.

Namun jika anda merasa ribet, maka sangat disarankan untu menggunakan pakaian dengan warna yang netral, karena warna – warna netral dan kalem, seperti hitam, putih, krem, dan pastel bisa dipadukan dengan berbagai warna, yang penting, anda jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan warna, karena hal ini bisa membuat anda terlihat norak atau bisa saja orang – orang beranggapan anda sedang pamer.

Artikel terkait Jenis Hijab yang lagi ngetrend tahun 2020
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->