Skip to main content

5 Tips memilih bahan Hijab dari Ivan Gunawan

Mengenakan busana termasuk hijab di saat Pandemi Virus Corona ini memang harus lebih Resik , Anda harus langsung mencuci seluruh perangkat busana yang Anda kenakan saat keluar rumah, termasuk hijab. Hijab sebagai busana sehari-hari wanita muslimah memerlukan perawatan yang tepat, Pemilihan bahan hijab yang tepat pun dapat membantu keseharian Anda dalam berbusana muslim yang benar agar lebih nyaman dalam beraktifitas.

Perancang mode ternama Indonesia, Ivan Gunawan, berbagi tips dalam memilih bahan yang tepat untuk digunakan sebagai hijab.

Tips memilih bahan untuk Hijab

 
5 Tips memilih bahan Hijab dari Ivan Gunawan

Tidak Kusut

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah tampilan yang rapi pada hijab, terutama karena hijab dikenakan pada bagian kepala, seharusnya hal tersebut tidak akan menjadi kusut meski dikenakan seharian penuh. Hijab yang tampak kusut menandakan pemakainya yang kurang memperhatikan penampilan.

Menyetrikanya sebelum dikenakan hingga tak ada lagi garis lipatan memang penting, namun jenis bahan yang dipilih pun dapat mempengaruhi hasil akhir tampilan. Pilihlah bahan yang mudah disetrika seperti voal ataupun satin yang mudah disetrika dan tidak mudah kusut.
 

Tidak Panas

Iklim tropis di Indonesia memang membuat pengguna hijab sering kegerahan dan berkeringat. Tak hanya matahari terik dan lembapnya udara, pemilihan hijab yang tidak tepat dapat menambah kepengapan kepala serta rambut Anda.

Pilihlah bahan hijab yang memiliki serat kain besar sehingga memungkinkan kulit kepala dan rambut Anda tetap bernafas. Terlebih lagi bagi Anda yang menggunakan hijab berlapis-lapis.

Udara yang pengap tentunya dapat memicu munculnya keringat, dan bila tidak dirawat dengan benar, selain menghasilkan bau yang tidak sedap juga dapat memicu ketombe dan rambut rontok.
 

Tidak Luntur

Luntur dapat menjadi hal yang paling menyebalkan. Ada material yang luntur saat di cuci dan turut memberi warna tak diinginkan pada material-material lain di sekitarnya, pada ciput atau dalaman hijab Anda misalnya.

Selain kontaminasi warna, luntur juga terkadang membuat warna hijab yang Anda miliki menjadi pudar. Akibatnya, hijab yang Anda kenakan pun akan tampak kusam. Karena itu menjadi penting untuk memilih material yang tepat.

Sayangnya, luntur tidaknya sebuah material baru bisa diketahui saat Anda sudah membeli dan memakainya. Ada kalanya saat Anda kenakan, ternyata warna sudah menempel pada ciput. Bagaimana mengatasinya? Jangan dibuang, kenakan, tapi pada dalaman yang berwarna senada, hindari perpaduan dengan warna putih agar lunturan tidak menyebar. Dan ingat, pisahkan saat Anda mencucinya.
 

Tidak Licin

Hal satu ini sering membuat Anda yang menggunakan hijab menjadi kesal. Bahan hijab print yang licin sering kali lari-lari, mudah terjatuh, harus disesuaikan posisinya berkali-kali. Untuk kemudahan Anda sendiri, sebaiknya Anda hindari pemilihan material yang licin saat memilih hijab.

Penggunaan ciput ataupun dalaman seperti ‘ninja’ dapat membantu Anda untuk mengatasi bahan yang licin langsung bersentuhan dengan rambut Anda, yang tentunya membuat semakin mudah terjatuh. Trik lainnya adalah dengan menggunakan jarum pentul agar posisinya ajeg dan tidak mudah berubah posisi.
 

Bisa Mendengar Dengan Baik

Hal satu ini sering kali tidak disadari. Saat menggunakan hijab berlapis, indra pendengaran seringkali tertutup dan lebih sulit untuk mendengar. Ini akibat dari serat material yang terlalu tebal dan erat, sehingga gelombang suara berkali-kali tersaring sebelum mencapai indra pendengaran Anda.

Untuk itu, pastikan kombinasi material yang Anda gunakan masih dapat memungkinkan Anda untuk mendengar dengan baik. Selain tentunya terasa lebih ringan, kemampuan Anda saat berkomunikasi saat bekerja tentunya menjadi amat penting, jangan sampai terhambat dengan kombinasi material yang menghambat.

Demikian 5 Tips memilih Bahan untuk Hijab dari Ivan Gunawan.
Artikel ini pernah tayang di majalah Femina edisi 30 Juni 2020

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->